Laman

Minggu, 14 April 2013

Game Maker


SEJARAH
Game maker (yang biasa disingkat GM) adalah IDE Windows dan MAC,  yang dikembangkan oleh Mark Overmars menggunakan bahasa pemrograma Delphi.  Sekarang  ini dikembangkan dan di publikasikan oleh YoYo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak dimana Overmars terlibat didalam nya.
Game maker mengizinkan pengguna untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker:Studio As pada Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur, mensupport 3D,  support di banyak platform, serta basis user yang signifikan, dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.
GameMaker mempunyai sebuah nomor program yang dapat dikolaborasikan dengan pemrograman nya termasuk ENIGMA Development Environment , Open Source Linux/iOS/Windows kompatibel augmentasi GameMaker dan Ulltimate 3D yang rendering grafik 3D luas untuk GameMaker grafik awal yang utama.
GameMaker yang awal nya berjudul Animo, sebuah program spesialis dalam animasi 2D. Overmarsed merilis versi publik pertama (versi 1.1) pada 15 November 1999

FITUR
            Ada dua versi dari software GameMaker ditawarkan pada Windows dan Mac. Versi The Lite adalah versi gratis digunakan, namun hanya ada beberapa keterbatasan. Versi The Standarad adalah versi berbayar.

Kemampuan Grafik
            Gamemaker terutama menjalankan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis dalam gamemaker mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dimulau dengan versi 6.0 pada windows, GameMaker menambahkan Direct3D, mengizinkan keterbatasan grafik 3D. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan diatas nya, OpenGL digunakan untuk grafik 3D serta mengizinkan  batasan support pada simple objek 3D.

Bahasa GameMaker
            Bahasa GameMaker (GML) diutamakan bahasa skripting yang digunakan pada GameMaker. Itu memngizinkan user untuk lebih meningkatkan dan mengontrol desain mereka melewati prgramming konvensional. Yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, secara efektif memanfaatkan Object-oriented programming.

Spersifikasi yang dibutuhkan :
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk GameMaker Studio
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 8.x:
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 7.x:
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game Maker 6.x:

Alasan Menggunakan GameMaker :
-Mudah digunakan karena ada fasilitas Drag n Drop
-Tidak mengacu pada satu jenis game, bisa di jenis apa saja
-Lengkap dengan prgram pendukung
-tidak perlu mahir bahasa pemrograman

Bagian - Bagian Game Maker
Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.
·         Sprites             : Gambar dari semua objek dalam game, berisi lebih dari satu gambar
·         Sound : efek suara yang ada pada game yang dibuat
·         Backgrouds   : gambar latar belakang dari sebuah game yang dibuat
·         Pahts               : lintasan yang diikuti sebuah objek dalam game
·         Scripts             : bahasa pemrograman yang diberikan pada game
·         Fonts               : huruf yang digunakan dalam game
·         Time Lines      : pemberian waktu pada game
·         Objects            : merupakan siapa saja yang bertindak dalam game
·         Rooms             :ruang dimana game berjalan atau game diletakkan 
·         Events             : pergerakan yang dilakukan suatu objek
·         Game Option : opsi dalam game
·         Game Information : informasi dalam game


GAMBARAN GAME YANG AKAN DIBUAT
            Untuk game nya, saya sendiri belum menentukan judul nya, namun gambaran nya seperti ini. Ada seorang tokoh utama yang berusaha mengumpulkan koin/harta dari start hingga finish. Namun terhalang oleh rintangan dan monster. Tokoh utama nya pun bisa mengeksekusi monster nya (diusahakan bisa).
            Game ini terdiri dari 2 level. Game akan berakhir bila darah sang tokoh utama habis, atau waktu nya telah habis.

Sumber :
en.wikipedia.org/wiki/Game_Maker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar